100 Things Rangers Fans Should Know & Do Before They Die (100 Things...Fans Should Know)

100 Things Rangers Fans Should Know & Do Before They Die (100 Things...Fans Should Know)

IPS Bandung Lautan Api merupakan salah satu peristiwa yang terjadi setelah kemerdekaan Indonesia apa yang kamu ketahui tentang peristiwa Bandung Lautan Api

Jangan asal asal​

Bandung Lautan Api merupakan salah satu peristiwa yang terjadi setelah kemerdekaan Indonesia apa yang kamu ketahui tentang peristiwa Bandung Lautan Api

Jangan asal asal​

Jawaban:

Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi pada tanggal 23 Maret 1946. Aksi bumi hangus di Bandung dipandang sebagai taktik yang dirasa paling ideal dalam situasi saat itu karena kekuatan pasukan Republik Indonesia tidak sebanding dengan kekuatan Sekutu dan NICA.

Beberapa pekan setelah Proklamasi Kemerdekaan RI, pasukan Sekutu yang tergabung dalam AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) datang ke Indonesia usai memenangkan Perang Dunia II melawan Jepang.

Namun, ternyata Belanda atau NICA membonceng pasukan Sekutu dan ingin menguasai Indonesia lagi. Bergolaklah perlawanan dari prajurit dan rakyat Indonesia atas kehadiran Belanda.

Pasukan Sekutu mulai melancarkan propaganda. Rakyat Indonesia diperingatkan agar meletakkan senjata dan menyerahkannya kepada Sekutu. Pihak Indonesia tidak menggubris ultimatum tersebut.

Pada 27 November 1945, Kolonel MacDonald selaku panglima perang Sekutu sekali lagi menyampaikan ultimatum kepada Gubernur Jawa Barat, Mr. Datuk Djamin, agar rakyat dan tentara segera mengosongkan wilayah Bandung Utara. Peringatan yang berlaku sampai tanggal 29 November 1945 pukul 12.00 harus dipenuhi. Jika tidak, maka Sekutu akan bertindak keras.

Menindaklanjuti ultimatum tersebut, pada 24 Maret 1946 pukul 10.00, Tentara Republik Indonesia (TRI) di bawah pimpinan Kolonel A.H. Nasution memutuskan untuk membumihanguskan Bandung.

Pembumihangusan Bandung pun dimulai. Warga yang hendak meninggalkan rumah membakarnya terlebih dahulu. Malam itu, Bandung terbakar dan peristiwa itu kemudian dikenal dengan sebutan Bandung Lautan Api.

source: tirto.id

Maaf, dan mohon dikoreksi jika salah.

[answer.2.content]