100 Things Rangers Fans Should Know & Do Before They Die (100 Things...Fans Should Know)

100 Things Rangers Fans Should Know & Do Before They Die (100 Things...Fans Should Know)

Sejarah jelaskan secara singkat asal usul pembentukan masyarakat dalam islam

jelaskan secara singkat asal usul pembentukan masyarakat dalam islam

Asal usul pembentukan masyarakat Islam diawali dari satu orang manusia yang Allah hidupkan dari segumpal tanah,  yaitu suatu benda mati yang kemudian berdasarkan penciptaan manusia yang dilakukan oleh Allah maka nabi adam dapat hidup sebagai manusia pertama kemudian disamping itu Allah datangkan teman dan sahabat Adam yaitu Hawa melalui banyak ujian hingga menghasilkan dua pasang anak kembar. Melalui keturunan inilah munculnya kehidupan yang saling membutuhkan manusia terus berkembang membentuk satu persatuan.

Pembahasan :

Pembentukan masyarakat dalam Islam dimulai dari hidupnya nabi Adam kemudian Hawa mereka saling berkenalan satu sama lain membentuk hubungan yang dekat. Proses pengenalan karakter nabi Adam dan Hawa Allah jelaskan dalam Al-Qur'an surah al-Hujurat ayat 13 yaitu:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Artinya: "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal.

Melalui proses pengenalan akhirnya nabi adam dan Hawa menikah hingga menghasilkan dua pasang anak kembar, Allah juga memerintahkan nabi Adam untuk menikahkan secara silang kedua pasang anak nabiAdam tersebut, lewat proses ini manusia terus berkembang mulai dua orang yaitu nabi Adam dan Hawa, menjadi empat orang yaitu Habil, Labuda, Qabil, dan Iqlima proses perkembangan manusia terus berkembang saling berkomunikasi, dan berhubungan satu sama lain. Akibat pengaruh sosial masyarakat yang saling membutuhkan satu sama lain akhirnya tiap individu yang berbeda karakter tersebut dapat saling memahami satu sama lain membentuk kesatuan, pimpinan dalam suatu wilayah atau daerah untuk melindungi diri dari ancaman apapun. Secara garis besar masyarakat Islam adalah masyarakat yang satu, dengan ciri khas yaitu:

  1. Membentuk hubungan dengan satu kebajikan seperti saling membantu disaat susah seperti gotong royong bantu membantu lingkungan disekitar tempat tinggal.
  2. Setiap hukum dan aturan disesuaikan dengan hukum yang sudah sah dijelaskan Allah dan nabi Muhammadiyah yaitu dalam bentuk Al-Qur'an dan Al Hadis.

Pelajari Lebih Lanjut:

Materi tentang manfaat masyarakat https://brainly.co.id/tugas/6222340

#BelajarBersamaBrainly#SPJ4

[answer.2.content]